Geliat social media hingga saat ini menjadi suatu wabah bagi masyarakat Indonesia, selain bisa up to date, social media ini juga menjadi alat bagi mereka yang memasuki dunia politik diindonesia, bisa menjadi alat pencitraan ataupun bisa menjadi alat penghubung bagi pejabat public dengan rakyatnya.
Social media bukan hanya dimanfaatkan hanya para anak muda dan para politisi saja, melainkan pemimpin yang skala negarapun memiliki akun sosmed ini. Kita ketahui seperti Presiden Amerika Barrack Obama yang memliki Akun twitter, dan untuk Indonesia juga tak kalah ketinggalan zaman dengan adanya akun Facebook dan twitter untuk Presiden SBY.
Hingga social media ini menjadi dunia kedua bagi manusia untuk berinteraksi antar sesama, dan Indonesia pun menjadi salah satu Negara yang termasuk pengguna social media terbesar untuk dunia, ini berdampak akan kemajuan Indonesia dalam kemajuan technologi Global.

Kenapa sosmed ini menjadi dunia kedua bagi kita ? saya ingin mengulang kembali akan asal mulanya Revolusi di timur tengah yang dimulai di Negara Tunisia. Kita ketahui revolusi ini terjadi akibat seorang pemuda mengupload foto orang dipasar yang bakar diri karena adanya perlakuan pembokaran pemerintah di daerah pasar, sehingga ini mengundang masyarakat lainnya untuk kejalan dan menjatuhkan sebuah rezim, dan hal ini pun diikuti oleh Negara-negara timur tengah lainnya.
Dampak sosmed ini sangat dahsyat sekali karena bisa mengubah suatu dunia seperti kisah yang telah kita bahas tadi. Dan sosmed ini juga sudah dijadikan media bagi Citizien Jurnalisme  bagi warga yang melek akan berita dengan memposting berita melalui akun sosmed ini.

Dan fenomena sosmed ini akan terjadi dalam jangka waktu yang lama dilihat dari pemanfaatan masyarakat yang semakin meningkat, dan tak menutup kemungkinan bahwa akan ada kemajuan ataupun perkembangan dari sosmed ini. Dan ini merupakan suatu yang pasti terkait suatu kemajuan, tinggal kita menunggu dan update perkembangan.




 
Top