Mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus mengajak kepada seluruh rakyat dan mahasiswa untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada 9 April 2014 mendatang. Para mahasiswa tersebut juga menyatakan akan mengawal Pemilu 2014 untuk menjadi pemilu yang berkualitas. Seruan ini disampaikan di dalam Petisi 9, Gerakan Nasional untuk Pemilu yang berkualitas di kantor KPU, Jakarta (16/1).
“Kita berharap Pemilu 2014 bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Mudah-mudahan target KPU untuk tingkat partisipasi pemilih 75 persen bisa tercapai,” kata Ketua PB PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), Addin Jauharudn.

Dia menegaskan, Pemilu 2014 ini perlu dikawal seluruh komponen masyarakat dan stakeholders termasuk mahasiswa. Dia meminta adanya peran secara aktif untuk mengawal pemilu secara kritis agar Pemilu 2014 ini berjalan lebih berkualitas dan demokratis.
Selain itu, Cipayung Plus juga meminta agar penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu serta birokrasi dan TNI/Polri dapat menjaga integritasnya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Mereka juga meminta peran aktif KPK, BPK dan PPATK untuk memantau sumber, penggunaan, dan pelaporan dana kampanye dari partai maupun calon legislator dan calon presiden.
Ketua KPU, Husni Kamil Manik menyambut positif dengan adanya petisi yang disampaikan Cipayung Plus ini. Dia mengatakan sebagian dari Petisi 9 tersebut sudah dilakukan KPU seperti pelibatan mahasiswa. Dimana, KPU sudah mendatangi beberapa kampus di Indonesia untuk melakukan sosialisasi serta melibatkan mahasiswa dalam relawan demokrasi (relasi).
Cipayung Plus ini merupakan gabungan dari sembilan organisasi mahasiswa yang terdiri dari PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indoneisa), HMI (Himpunan Mahaiswa Islam), IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah), PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia), KMHDI (Kesatuan Mahasiswa Hindhu Dharma Indonesia), GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia), GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia), KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi). [Ania]

 Sumber : Rumah Pemilu




 
Top